0

Awas, Herpes Bisa Menular di Kolam Renang

Berenang adalah salah satu olahraga menyenangkan yang tidak membuat berkeringat dan gerah, serta memberikan banyak manfaat termasuk hiburan. Menceburkan diri di dalam kolam renang dan berendam saja sudah memberikan relaksasi yang berbeda dan membuat tubuh terasa nyaman.

Pun demikian, ternyata olahraga menyenangkan yang satu ini menyimpan sebuah momok bahaya yang dapat mengincar kesehatan. Terutama apabila kolam tersebut tidak terlalu dicermati struktur pengairan maupun kebersihannya.

Adalah herpes, sebuah radang/infeksi yang dapat mengincar kulit dan menular saat berenang di dalam kolam renang. Sekalipun airnya jernih, belum tentu air tersebut bersih. Ada ancaman virus varicella-zoster penyebab herpes yang dapat membuat kulit meradang dan menimbulkan gelembung berisi cairan nanah, dan terutama muncul di sela paha atau dekat dengan miss V.

Bentuknya hampir mirip seperti cacar air, hanya terkadang ukuran gelembung lebih besar dan membuat tidak nyaman saat berjalan. Saat gelembung tersebut pecah, ada rasa pedih yang luar biasa disertai nyeri, dan sangat mengganggu aktivitas.

Penularan herpes

Ada berbagai cara penularan herpes dari orang yang satu ke orang yang lain:

1. melalui batuk

2. melalui hubungan intim atau oral seks

3. melalui sentuhan saat gelembung sedang pecah

4. melalui pakaian yang terkena cairan gelembung yang pecah

5. dan saat cairan tersebut ternyata justru masuk ke kolam renang

Virus tersebut tidak dapat dilihat oleh mata, namun ia dapat hidup lama di dalam air kolam. Virus ini memiliki waktu inkubasi selama 7-21 hari untuk berkembang di dalam tubuh.

Cara mencegah penularan herpes

Waspada itu wajib tetapi Anda tak perlu sampai benar-benar mengakhiri kegiatan atau hobby berenang di kolam renang umum. Ada cara untuk mencegah penularan herpes di kolam renang yang ternyata juga tidak terlalu sulit.
Lebih baik jangan paksakan diri untuk berenang di kolam renang umum apabila Anda sedang merasa tidak fit. Virus varicella-zooster ini mudah menyerang tubuh saat kondisi tubuh tidak fit.
Pakailah kaca mata renang berkualitas dan sumbat telinga pada saat berenang. Lebih baik pilih kacamata renang yang berkualitas sehingga menghindari penularan melalui cairan tubuh.
Selalu bersihkan tubuh dengan sabun antiseptik setelah berenang, sehingga dapat mencegah bakteri serta virus jahat yang dapat menyerang tubuh.

Posted by: obatlaringitis.mkes.info

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *